Senin, 29 Desember 2014

On 08.55 by Unknown in , ,    No comments
      
            Pantai Balangan terletak di sebelah Utara pantai Dreamland & Selatan pantai Kuta, tepatnya di wilayah bukit Unggasan, Kelurahan Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Sekitar 10km dari Bandara Ngurah Rai, mempunyai garis pantai sekitar 1 km menghadap ke Utara, sehingga bisa melihat aktifitas Bandara serta perahu-perahu nelayan di pantai Kedonganan. Bisa ditempuh dengan sepeda motor atau mobil sekitar 35 menit perjalanan dari Denpasar.


Keberadaan pasir Pantai Balangan mempunyai tekstur pasir putih, sedikit agak kasar, pantai masih alami bersih, menyuguhkan sebuah ketenangan. Lokasinya sendiri tersembunyi di antara 2 tebing karang terjal, dengan deretan pohon kelapa di bibir pantai.

Dari tempat parkir, ada dua pilihan untuk dituju. Ke kiri tangga menuju pantai, sementara ke kanan menuju bukit dengan tebing terjal dari mana kita bisa menikmati pemandangan indah Pantai Balangan dari ketinggian ke arah selatan, dan pantai-pantai lain di Bali seperti Jimbaran dan Kuta ke arah utara.

Sementara itu menuruni tangga ke arah pantai anda akan menemukan keindahan yang sangat berbeda di kedua sisi pantai. Di sisi kiri terdapat bentangan pantai berpasir putih yang lembut, dengan barisan pohon kelapa yang melambai tertiup angin sebagai latar belakang. Di sisi kanan juga terdapat luasan pantai. Tetapi pantai ini bukan diselimuti pasir tetapi hamparan karang yang landai dengan warna yang hampir sama dengan warna pasir pantai di sebelahnya.

Selain pesona keindahan pantai yang masih alami, Balangan juga menjadi lokasi favorit para peselancar kelas dunia. Ini didukung dengan ombaknya yang tinggi, panjang, dan besar. Pantai ini sangat cocok bagi para peselancar yang menyukai tantangan. Pada saat cuaca sedang bersahabat dan air lautnya surut, selain baik untuk berenang anda dapat menikmati keindahan Pantai Balangan dengan menyusuri bibir pantainya. Saat berjalan anda dapat melihat berbagai makhluk laut seperti kepiting atau kelomang merayap keluar dan masuk dari tempat persembunyian mereka.

Selain itu rasa haus dan lapar juga akan terobati dengan singgah di sebuah café yang dikelola oleh masyarakat lokal. Menu yang ditawarkan sangat bervariasi. Apalagi es kelapa mudanya yang menjadi pilihan favorit wisatawan untuk melepas dahaga ambil menikmati pemandangan pantai, terutama pemandangan sunsetnya ketika senja tiba.

Pantai balangan adalah salah satu pantai menawarkan suasana alamnya masih asri dan belum diexploitasi oleh manusia. Berlibur kemudian berkunjung ke Pantai Balangan memberikan suasana pantai berbeda dibandingkan suasanan pesisir lainnya, sehingga memberikan pengalaman tak terlupakan.


Kalau pantai Pandawa sudah mendapat sentuhan komersil dan memberikan fasilitas bagi para pelancong, pantai Balangan ini masih belum serius penanganannya. Meskipun akses menuju pantai ini sudah bagus, namun begitu sampai di kawasan pantai, pengelolaan wisatanya masih sangat sederhana. 

0 komentar:

Posting Komentar